Mengenal Lebih Dekat Ikan Black Ghost

Mengenal Lebih Dekat Ikan Black GhostBlack Ghost adalah Ikan Hias Air Tawar yang berbentuk unik. mengapa ? karena badannya berbentuk seperti Bulu Ayam. walau namanya Black Ghost kami menjual ikan ini dengan nama Ikan Bulu Ayam.


Ikan Hias Black Ghost

Ikan Black Ghost ini memiliki nama Latin Apterontus albifrons, yang berasal dari Sungai Amazon dan Surinam. ia dikenal orang-orang dengan berbagai sebutan. Sebutan yang pertama adalah "Si Bulu Ayam". Sebutan ini diberikan karena bentuk tubuhnya yang menyerupai Bulu Ayam. Ada juga sebutan "Ikan Penari Balet" karena gerakannya yang maju mundur dan jungkir balik dengan amat lenturnya. Dan yang Terakhir sebutan "Si Setan Hitam"  karena warna tubuhnya yang cenderung berwarna hitam kusam di bagian badannya dan dililit dengan warna putih di bagian pangkal ekornya.

Keunikan yang lain Ikan ini yaitu sering bersembunyi di tempat yang gelap pada waktu siang hari, dan baru melakukan aktivitas di waktu malam hari. Meskipun panjang tubuhnya dapat mencapai 47 cm. dan punya julukan "Setan Hitam" namun kenyataannya ikan ini termasuk ikan yang jinak dan dapat bersahabat dengan Ikan lainnya.


Cara Pemeliharaan Ikan Black Ghost

Ikan Black Ghost adalah salah satu Ikan yang perawatan / pemeliharaannya tidak terlalu susah. karena Ikan ini hampir sama dengan Ikan Hias lainnya. Berikut cara pemeliharaan yang benar untuk Ikan Black Ghost :

1. Pemberian Pakan / Makanan

Pemberian Pakan untuk Ikan Black Ghost diberikan 2x sehari, yaitu Pagi dan Sore. Pakannya juga tidak terlalu sulit, Jentik nyamuk, Pelet, dan cacing kering bisa dimakan oleh Ikan Black Ghost ini.


2. Jenis Air Aquarium yang dibutuhkan

Air yang dibutuhkan oleh Ikan Black Ghost adalah air yang ber-pH 7. dan Jernih atau Air PAM yang telah di endapkan selama 3 hari.


3. Aksesoris yang Gelap untuk Ikan Black Ghost

Ikan Black Ghost menyukai Aksesoris dengan warna yang gelap seperti warna hitam. Jangan berikan aksesoris dengan warna mencolok pada Ikan ini. Mengapa ? karena Ikan ini tidak menyukai warna-warna cerah seperti warna merah dan kuning. Carilah kayu yang berwarna hitam seperti akar bakau, atau batu-batuan yang berwarna hitam. Warna terang atau cerah, tidak disukai oleh ikan ini, sebab ikan Black Ghost penglihatannya tidak terlalu kuat untuk menahan sinar maupun warna-warna cerah, seperti warna merah dan kuning.


4. Wadah pemeliharaan & perlengkapan

  • Akuarium ukuran ( 40 x 40 x 80 ) cm sebagai tempat pemeliharaan induk dan sekaligus tempat pemijahan dilengkapi dengan tempat penempelan telur berupa baki plastik yang diisi dengan batu, atau batang pohon pakis.
  • Akuarium ukuran ( 60 x 40 x 40 ) cm sebagai tempat penetasan telur.
  • Instalasi aerasi berupa blower, selang aerasi dan batu aerasi.
  • Peralatan lain seperti selang untuk mengganti air, soope net dan alat-alat pembersih akuarium (sikat,dan lainnya)

Perbedaan Ikan Black Ghost Jantan dan Betina

Ciri-ciri Black Ghost
Ikan Black Ghost Jantan
Ikan Black Ghost Betina
Bentuk Tubuh
Bertubuh lebih Besar, Panjang, Ramping dan Lurus
Bertubuh lebih Kecil, Pendek, Gemuk, dan tidak lurus
Gerakan
Lebih Lincah
 Tidak Selincah Jantan

0 Response to "Mengenal Lebih Dekat Ikan Black Ghost"